Masyarakat
Aceh bisa berubah secara sporadis dalam kasus-kasus tertentu. Mereka yang
awalnya apatis bisa secara tiba-tiba menjadi sangat loyalis. Apatisme ini
tercermin dalam hadih maja jak ban ubè
lot tapak, duèk ubè lot punggông, ngui ban laku tuboh, pajoh ban laku atra. Ini
lebih pada cerminan urusan pribadi, tak ingin mengganggu atau bersinggungan
dengan urusan orang lain.
Tapi,
semua itu akan berubah, jika terjadi sebuah gesekan atas nama kebersamaan. Biasanya
untuk membuat perubahan yang sporadis itu, hanya dibutuhkan rasa bersama. Lebih
radikal lagi, adanya musuh bersama.
Aceh
yang satu adalah Aceh yang memiliki musuh bersama. Ketika itu ada maka Aceh
akan menjadi sebuah totalitas gerakan. Ureuéng
Aceh rimuéng teungoh èh, bansa nyang arèh punoh agama, meunyoe han èk geusaba
lè, geutèm meumatè geubila bansa. Kalau sudah pada tingkat ini, maka
masyarakat Aceh akan menuju revolusi, atau setidaknya setingkat di bawahnya.
Jakarta pernah merasakan bagaimana harimau itu bangkit dari tidurnya.
Tabiat
perubahan yang sporadis itu tak lekang dari sikap orang Aceh yang tidak
tanggung-tanggung dalam bertindak. Tak boleh ada tindakan yang
setengah-setengah. Hadih maja ini menjadi cerminan sikap itu grôp beu patah, manoë beu basah atau
dalam hadih maja lainnya crah bèk, bukah
jeut, daripada retak biar pecah sekalian.[]
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Ureuéng Aceh Rimuéng Teungoh Èh"
Post a Comment